Pages

Minggu, 20 Maret 2011

PERMASALAHAN DAN PENYIKAPAN TERHADAP
TEKNOLOGI DAN INFORMASI
Teknologi informasi dan komunikasi merupakan alat untuk bertukar informasi dan saling menjalin komunikasi antara satu dengan yang lain. Dengan adanya teknologi dan informasi ini banyak  digunakan dalam berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari seperti pemanfaatan dalam bidang bisnis, perbankan, industry, pendidikan, maupun pertahanan dan keamanan. Salah satu teknologi informasi yang pemanfaatannya paling pesat adalah internet.
Internet adalah kumpulan jaringan komputer yang luas dan saling berhubungan di seluruh dunia sebagai jaringan komunikasi.
Kini perkembangan internet sangatlah pesat. Bahkan internet kini telah mulai merasuk dalam kebutuhan hidup manusia. Informasi  dapat disebarluaskan dalam waktu yang relatif cepat dan dapat diakses dalam berbagai bentuk. Bentuk informasi tidak hanya berupa tulisan tapi sudah menjelma menjadi bentuk yang lebih menarik seperti gambar, video, animasi, dan sebagainya melelui internet.
Selain banyak manfaat yang bisa diperoleh dari teknologi informasi terutama internet , banyak pula penyalahgunaan yang dilakukan. Hal ini sering kali terjadi karena pengguna penggunaan internet semakin vital pada suatu perusahaan ataupun perorangan akibatnya penyalahguanaan yang sering ditemukan diantaranya penipuan, pencurian, pencemaran nama baik, pembajakan, penyalahgunaan hak cipta, dan sebagainya. Penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi ini telah membuat kerugian material maupun non-material bagi sebagian orang, khususnya para pengguna internet
            Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini khususnya bagi bangsa Indonesia bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan public serta memberikan rasa aman, keadilan, dan kepastian hukum bagi pengguna dan penyelenggara teknologi informasi. Namun undang-undang itu tidak sesuai dengan kenyataan yang di harapkan. Seperti yang diketahui bahwa permasalahan-permasalahan tersebut dapat menimbulkan penurunan moral dan kualitas suatu bangsa.  Banyak upaya yang dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan tersebut. Terutama bagi para mahasiswa harus lebih aktif dalam mengontrol penggunaan teknologi informasi agar tidak disalah gunakan.
            Upaya pencegahan yang dilakukan pada level bawah yaitu peran mahasiswa dalam menghimbau masyarakat tentang etika penggunaan teknologi informasi dengan menghimbau sesama teman mahasiswa untuk menggunakan teknologi informasi dengan tidak melanggar dan merampas hak-hak orang lain yang dapat menimbulkan permasalahan di dunia nyata.
Walau bagaimana pun, semua permasalahan tentang penyalahgunaan teknologi informasi ini berawal dari masing-masing individu pengguna. Oleh karena itu kita sebaiknya sadar akan hal tersebut. Semuanya berawal dari kesadaran kita sebagai pengguna agar tidak melanggar etika dan melakukan hal-hal yang tidak semestinya dalam penggunaan pemanfaatan teknologi informasi. Hal ini merupakan bentuk pencegahan dari level yang paling bawah atau paling dasar yaitu diri kita sendiri.
            Hendaknya kita dapat renungkan semuanya sebagai kontrol sosial sebagai pengguna teknologi informaisi yang baik, segalanya berawal dari hal yang kecil dan sederhana dari diri kita sendiri. Patutnya kita menghargai rahasia dan hasil karya orang lain agar tidak terjadi kerugian pada pihak lain.
           







0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

folowers

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More